CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Aseriquays

Foto saya
-computer said- Hello! there's one messages! : ( a girl sound ) " hi! diah's here. thx for visit my blog ya! i'm thirteen and contact me at : ddrr.dee@hotmail.com so avaroku_ddrr@yahoo.com. oyea, hope you enjoy yaa and i'm very thanked if you give some comment " -computer said- leave messages for reply. thankyou

my zodiak

November 07, 2008

Mengenal Internet , Jaringan Komputer dan Komunikasi Data


Mengenal Internet


Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network
Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Karena merupakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia.
Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa atau dunia maya tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan Negara.
Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni ;
Sebagai sumber data dan informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah tidak terbatas dan dapat diakses oleh orang lain.
Sarana pertukaran data dan Informasi dari satu komputer ke komputer tanpa ada batas jarak dan dalam waktu yang sangat cepat. Melalui internet dapat juga menghubungkan dua orang dari jarak yang berbeda,dapat berkomunikasi tanpa dibatasi batas negara, waktu, jarak dan hukum.
Dengan kemajuan teknologi informasi, semakin banyak aplikasi-aplikasi internet yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.
Aplikasi yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain :
1. World Wide Web ( www ), aplikasi ini yang paling banyak digunakan
dan yang paling penting. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertexs dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language ( HTML ). HTML mampu menghubungkan ( link ) diantara dokumen satu dengan yang lain, dan halaman-halaman web yang dibuat dapat menyimpan informasi, dapat juga memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.
2. Electronic Mail ( E-Mail), mengirim e-mail sama persis seperti mengirim sebuah surat dengan cara bercerita, mengirim pesan, mengirim file dokumen, gambar, dan sebagainya dengan biaya murah dan cepat.
3. Mailing List ( Milis ), adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail, apabila telah dikirim ke alamat milis maka akan terkirim juga kealamat anggota lain yang terdaftar.
4. Newsgroup, adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Dan dapat juga dianggap seperti sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut. Sarana yang digunakan dapat berupa multimedia ( audio-visual ) dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).
5. Internet Relay Chat ( IRC ), adalah aplikasi yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet ( Chatting ), cara pengiriman juga sama dengan e-mail, dan dapat juga menampilkan gambar yang diambil melalui webcam.
6. File Transfer Protocol ( FTP ), adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan / mengambil file ke/dari komputer lain, dapat mentranfer data lebih cepat. FTP juga digunakan meng-upload file situs ( homepage ) dan digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip ( file ), berupa hasil penelitian, artikel, dll.
7. Telnet, adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh, tapi kita harus mempunyai alamat IP ( IP address ) dan mempunyai hak akses ( user ID dan Password ).
8. Gopher, adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja, dan kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada ada di Internet.
9. Ping ( Packet Internet Gopher ), digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung ( terkoneksi ) dengan komputer lain di internet dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Sejarah perkembangan Internet dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan-perubahan dengan cepat sesuai dengan globalisasi yang terjadi.
Pada bulan Oktober 1962 dimulailah program riset komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.
Pada tahun 1965, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Are Network yang pertama, dengan melakukan percobaan yang menghasilkan kesimpulan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data namun tidak efesien karena menghabiskan bandwidth dan mahal.
Pada tahun 1966, Bob Taylor dari ARPA melakukan percobaan-percobaan dan berhasil dibuat yang disebut ARPANET, dan menjadi cikal bakal lahirnya internet, pertama kali online pada tahun 1969.
Pada tahun 1970, beberapa universitas dan lembaga lain ikut bergabung.
Pada tahun 1971, The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet dan membuat kemajuan pada standar File Transfer Protocol ( FTP ), yang digunakan untuk mendownload file.
Pada tahun 1972, Ray Tomlinson menulis program mengirim surat secara elektronik dengan menggunakan simbol @ ( dibaca : et ) untuk menghubungkan nama pengguna (username) dan alamat e-mail (e-mail address), pada akhir tahun 1980-an simbol @ digunakan sebagai standar di seluruh dunia.
Karena banyaknya jaringan komputer yang berbeda maka pada tahun 1973, Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA ( Defense Advenced Research Projects Agency ) memulai pengembangan sebuah protokol yang kemudian disebut dengan ptotokol TCP / IP.
Pada tahun 1990 ARPANET resmi ditutup, kemudian pada tahun 1993 dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen bersama timnya di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).
Setelah keluar dari NCSA Marc membuat Netscape, browser yang paling sukses, sampai akhirnya, Microsoft mengembangkan Microsoft Internet Explorer.
Selain perkembangan jaringan pengguna, kemajuan internet juga disertai dengan perkembangan teknologi, karena itu dikembangkanlah teknologi Digital Subscriber Lines ( DSL ) yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data lebih cepat. Saat ini kita dapat mengakses internet melalui jaringan nirkabel WiFi maupun melalui layanan GPRS dan 3G yang mempunyai akses lebih tinggi.
Dari tahun ke tahun perkembangan internet terus berkembang pesat, begitu juga dengan
negara kita Indonesia tercinta.
Kemampuan dan kehandalan internet memberikan banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan kita. Dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang bisnis oleh berbagai perusahaan atau organisasi, seperti ;
1. Perdagangan secara elektronik ( Elektronic commerce / E-Commerce),dimana perdagangan dapat dilakukan dengan jarak jauh dan biaya yang murah. Dapat menguntungkan penjual & pembeli, seperti Penjual/perusahaan perdagangan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak perlu banyak membuka cabang dan karyawan yang banyak sehingga perusahaan dapat menjual barang dengan harga yang lebih murah. Bagi pembeli juga lebih menguntungkan dalam segi waktu karena tidak perlu ke toko hanya memesan dan diantar, biaya lebih murah serta jangkauan lebih luas ke manca negara.
2. Internet Banking, dikenal dengan sebutan Electronic Banking ( E-Bank-ing ), Cyber Banking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain. Cara ini juga akan menguntungkan bagi nasabah dan pihak Bank dalam hal penghematan waktu, biaya transportasi dan lainnya. Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan-tagihan, informasi rekening, transaksi-transaksi, dan lain sebagainya, sedangkan transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa melalui teller bank atau ATM. Di dunia pionir dari internet banking adalah Security First Network Bank ( SFNB-www.sfnb.com).
3. Belajar Jarak Jauh, ada beberapa faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh yang efektik, antara lain sebagai berikut :
- Institusi Peneyelenggara, dimana institusi harus menyediakan sumber daya manusia dan keuangan yang cukup untuk mendukung proses belajar mengajar yang baik.
- Pengajar, para pengajar harus mempunyai komitmen, mengemas materi pelajaran agar menarik dan mudah dipahami. Mempunyai kemampuan teknis internet, pemahaman yang cukup akan system yang digunakan.
- Siswa, harus mempunyai komitmen dalam proses belajar dan kemampuan menggunakan internet agar dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar yang dilakukan.
- Teknologi.
4. Keamanan Data dalam Transaksi di Internet, disini yang sangat harus diperhatikan adalah keamanan data yang sesuai standar, sehingga data-data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking adalah sebagai berikut :
- Memahami prosedur yang diberikan oleh pihak bank agar data kita tidak jatuh ke tangan orang lain.
- Sebelum menutup browser atau meninggalkan komputer pastikan kita telah keluar dari layanan tersebut (logout). Kita tidak boleh meninggalkan komputer jika kita sedang login.
- Menggunakan komputer pribadi yang dilengkapi dengan antivirus yang selalu aktif dan up to date serta menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.

Jaringan Komputer dan Komunikasi
Data

Kumpulan komputer yang terselubung satu dengan yang lainnya disebut dengan jaringan komputer.Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Dimana komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada, mengatur aliran data dalam jaringan, dan penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer-komputer client. Sumber tersebut dapat berupa data-data, program-program, file-file, dan sebagainya. Sedangkan computer client adalah komputer yang menerima pelayanan.
Komputer server juga dapat berfungsi sebagai gateway bila jaringan komputer terhubung dengan internet. Disebut sebagai gateway, karena komputer server tersebut merupakan gerbang / jalur yang digunakan oleh komputer client untuk mengakses internet. Komputer server juga dapat berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari sebuah situs web dan juga sebagai mail server atau komputer yang memberikan layanan e-mail.
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer, antara lain sebagai berikut :
1. Membagi sumber daya.
Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer ( seperti printer ), data-data,
file-file, dan program-program.
2. Reliabilitas tinggi.
Jaringan komputer memungkinkan kita mengopikan data-data kedua atau tiga komputer,
bahkan lebih dan menguntungkan karena tidak terhambat, meskipun ada komputer yang
rusak atau data-data yang hilang.
3. Menghemat uang.
Seperti pemakaian sebuah printer untuk digunakan oleh beberapa orang karyawan.
4. Sarana Komunikasi.
Seperti memberikan pengumuman kepada karyawan melalui jaringan komputer yang ada.

Secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ;
- Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel
jaringan dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless network ) adalah jaringan
komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.
- Jaringan tanpa kabel memiliki kelebihan karena dapat mengakses informasi dari mana saja
tanpa harus tetap berada pada satu tempat tertentu.
Secara umum jaringan komputer dapat digolongkan atas emapat jenis, yaitu sebagai berikut :
1. Local Area Network (LAN), umumnya dimiliki perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di dalam gedung , komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut, seperti penggunaan printer secara bersama-sama dan dapat saling berkomunikasi, saling bertukar informasi. Dan berjarak beberapa puluh meter saja.
2. Metropolitan Area Network (MAN), adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan, dan dapat dimanfaatkan oleh pemerintahan atau swasta.
3. Wide Area Networ ( WAN ), adalah jaringan yang lebih luas mencakup sebuah negara atau benua.
4. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Agar terhubung dengan baik maka dibangun jaringan kabel serat optik melalui dasar laut.

Perangkat-perangkat sebuah jaringan komputer adalah sebagai berikut :
1. Server.
2. Client
3. Kartu jaringan / LAN Card,
4. Hub, berfungsi untuk membagi sinyal, penguat sinyal.
Hub memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih
jauh.
5. Kabel dan konektor, yang umum digunakan di jaringan adalah kabel UTP.
6. Repeater, berfungsi untuk memperkuat sinyal, jarak antara komputer di jaringan dapat
dibuat semakin jauh.
7. Bridge,
8. Router, berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Ada
dua jenis router yang biasa digunakan, router dedicated yang merupakan keluaran pabrik
dan router PC ( komputer PC yang dibuat menjadi router).

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet. Yang harus diperhatikan dalam pengiriman data adalah nama, alamat yang jelas serta data yang benar agar tidak terjadi salah dalam pengiriman data tersebut, seperti kita mengirim surat lewat pos / paket.
Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol. Bentuk nya dapat berupa perangkat lunak maupun perangkat keras komputer.
Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP / IP ( Transfer Control Protocol/Internet Protocol). Masing-masing protokol mempunyai fungsi dan secara keseluruhan dapat memastikan data yang dikirimkan sampai ke alamat dan aplikasi yang benar dalam keadaan tidak rusak.
TCP / IP mempunyai kelebihan, yaitu dalam mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan.
Dan memungkinkan komunikasi antara komputer PC dengan Macintosh
atau antara sistem operasi Windows dengan Unix atau Linux.
TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protokol, atau biasa disebut dengan istilah layer sebagai berikut :
1. Application Layer, lapisan ini berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data.
2. Transport Layer, berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host / komputer. Protokol yang ada pada lapisan ini adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).
3. Internet Layer, terdiri dari protokol IP yaitu berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat, ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama, dan ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data, agar data dapat dikirim kembali.
4. Network Interface Layer, berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan.

Pada saat mengirim data , setiap protokol akan menambahkan informasi kepada setiap paket data sebelum meneruskan paket data tersebut ke layer, informasi yang ditambahkan disebut dengan header dan berfungsi untuk mengontrol pengiriman dan penerimaan data. Header akan ditempatkan di bagian depan setiap paket data. Proses tersebut disebut dengan istilah enkapsulasi (encapsulation).
Kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan atau sering disebut bandwidth. Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second atau bps. Yang artinya aadalah berapa bit data setiap detiknya yang dapat dilewatkan dalam sebuah jaringan.
Ada dua bentuk aktifitas terhadap jaringan komputer, yaitu hacking dan carcking. Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal. Sedangkan Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan fail atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada. Pelaku Hacking disebut hacker, sedangkan pelaku cracking disebut cracker.
Para hacker dan cracker menggunakan banyak program atau utility, antara lain sebagai berikut IP Scanner, IP Sniffer, Network Analyzer, E-mail Bombs, Spamming, TCP Wrapper, Password Cracking, dan sebagainya.
Ada beberapa metode atau cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain sebagai berikut :
1. Spoofing
Penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker bisa login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal.
2. Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun komputer di jaringan lain.
3. Sniffer
Program ini berfungsi sebagai penganalis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.
4. Password Cracker
Program ini dapat membuka password yang sudah dienkripsi (dikodekan).
5. Destructive Devices
Program ini berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data.

Untuk menjaga keamanan data-data yang dikirim dan data-data yang disimpan di jaringan komputer, maka dikembangkan beberapa teknik pengamanan data. Antara lain sebagi berikut :
1. Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal.
Firewall bekerja dengan 2 cara, yaitu menggunakan filter berfungsi menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, dan proxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.
2. Kriptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet.Di komputer tujuan, data tersebut dikembalikan ke bentuk aslinya, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penerima. Ada 2 proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi, dan dekripsi adalah proses pengembalian data sandi menjadi data aslinya. Data asli atau data yang akan disandikan disebut dengan plain teks. Sedangkan data hasil penyandian disebut dengan cripher teks.
3. Secure Socket Layer ( SSL ), berfungsi untuk menyandikan data. Dengan cara ini, komputer-komputer yang berada di antara komputer pengirim dan penerima tidak dapat laagi membaca isi data.

1 komenss:

Wijaya Kusumah mengatakan...

Terima kasih ats tugas internetnya

MESSAGES